Di Publish Pada Tanggal : Rabu, 12 Agustus 2015 19:09 WIB

Taufan Hunneman Dari Aktivis Jalanan Menjadi Komisaris BUMN

Jakarta, HanTer - Jabatan Komisaris Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Jakarta Internasional Container dan Terminal (JICT), tidak diraihnya dengan mudah. Jabatan itu dia peroleh setelah puluhan tahun malang melintang di dunia pergerakan dan menjadi aktivis jalanan melawan rezim orde baru.
 
Taufan Hunneman, sudah menjadi aktivis jalanan  sejak ia belum genap berusia 17 tahun. Pilihan pertamanya untuk aktif di dunia pergerakan adalah Yayasan Pijar.  Taufan Hunneman, yang masih remaja kala itu gabung dengan Pijar karena organisasi ini melakukan gerakan  kritis dan radikal, serta organisasi yang berani melawan rezim orde baru kal itu.
 
“Saya tertarik dengan Pijar karena aktivisnya sangat kritis, dan berani melawan rezim orde baru. Dari sini saya banyak mendapat pengalaman bagaimana melakukan gerakan radikalisme terhadap rezim yang menghianati rakyat,” ujar Taufan kepada harianterbit.com.
 
Pria yang mengagumi perjuangan Tri Agus Susanto, aktivis Pijar yang ditangkap rezim Soeharto dan Ahmad Taufik ini pun bergabung dengan Aliansi Demokrasi Rakyat (Aldera), dan memberanikan diri turun kejalan untuk menjatuhkan mantan Presiden Suharto. Tak ada rasa takut dalam dirinya, demi mewujudkan demokrasi yang pro terhadap rakyat.
 
Saat kisruh PDI bersama gerakan politik lainnya menyuarakan Mega Bintang, dan menjadikan Megawati alternative kepemimpinan nasional. 
 
Taufan juga dikenal sebagai salah satu tokoh aktivis 98 yang terlibat aktif dalam pengorganisasian  massa kampus untuk menjatuhkan Soeharto.
 
Setelah cukup lama bergabung dengan Aldera, Taufan juga sempat bergabung dengan para Advokasi yang tergabung dalam Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta dan LBH Ikadin. Kegigihannya memperjuangkan keadilan pun kini mulai membuahkan hasil dan dipandang oleh pihak-pihak penting di Pemerintahan.
 
Jelang pemilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Taufan selaku mantan aktivis 98 pun telah banyak mendirikan relawan Jokowi. Diantaranya adalah, GEN 98 for jokowi, Relawan Indonesia Hebat, Seknas Advokat, Alumni Perguruan Tinggi 98, Komite Masyarakat Profesional Indonesia Untuk Jokowi (Kompi Jokowi ) dan juga sebagai anggota dewan pertimbangan KIB.
 
Dengan kegigihannya, mulai dari seorang aktivis jalan sampai bisa mendirikan banyak Relawan Jokowi untuk kemenangan pada Pilpres 2014 lalu, saat ini Taufan pun dipercaya menjadi Komisaris BUMN di JICT. 
 
Taufan dianggap memiliki dedikasi yang tinggi untuk mewujudkan cita-cita dan  konsisten membela kepentingan dan kesejahteraan rakyat serta mengawal Nawacita.

(***)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

free web stats