Di Publish Pada Tanggal : Kamis, 09 Maret 2017 22:11 WIB

Pembaharu Muda Anti Rokok Sampaikan Surat Terbuka

Jakarta, HanTer - Renaldo Pratama, Pembaharu Muda kota Sawahlunto, Sumatera Barat yang saat ini sedang menempuh pendidikan di Yogyakarta, mewakili 20 orang Pembaharu Muda dari 17 kota di Indonesia membuat Surat Terbuka Kepada PT Gudang Garam Tbk. Ia menyampaikan surat terbuka karena perusahaan rokok tersebut menjadi sponsor film Galih dan Ratna. 
 
Dalam suratnya yang berjudul  "Stop Mensponsori Film Nasional dan Menjadikan Anak Muda sebagai Target”, Renaldo keberatan film bertema remaja disusupi iklan rokok. Sehingga dengan iklan tersebut bisa menganggap rokok adalah hal biasa bagi remaja. 
 
"Beberapa pekan terakhir ini, promosi film Galih dan Ratna dilakukan secara gencar di beberapa stasiun televisi nasional, papan reklame di beberapa kota, media sosial (youtube, instagram, facebook, twitter), dan di beberapa bioskop.
 
Sepintas tayangan promosi film Galih dan Ratna ini tampak seperti promo film biasa, namun bila kita amati secara seksama, dalam promosi film ini terpampang jelas tulisan Generation-G, sejak dari awal hingga di akhir promo. Generation-G adalah slogan dari merek rokok GG Mild yang diproduksi oleh PT Gudang Garam Tbk.
 
Kami sangat menyesalkan keterlibatan perusahaan rokok PT. Gudang Garam Tbk  dalam promosi film tersebut, karena film Galih dan Ratna adalah film yang ditujukan bagi remaja. Dimana cerita dalam film tersebut adalah tentang kehidupan anak remaja dengan setting  pelajar SMA dan ditujukan untuk remaja dengan klasifikasi R 13+.
 
Keterlibatan perusahaan rokok PT. Gudang Garam Tbk dalam promosi film tersebut patut diduga bertujuan untuk membangun citra positif produk rokok di kalangan remaja yang menjadi target film tersebut. Sehingga rokok seolah-olah terlihat normal dan tidak berbahaya. Padahal kita tahu, rokok adalah produk berbahaya yang mengandung ribuan zat kimia berbahaya dan menyebabkan kecanduan, berbagai penyakit hingga kematian.
 
Karena itu, melalui Surat Terbuka ini,  saya Renaldo Pratama, Pembaharu Muda kota Sawahlunto, yang saat ini sedang menempuh pendidikan di Yogyakarta, mewakili 20 orang Pembaharu Muda dari 17 kota di Indonesia menyampaikan:
 
 
Kami menolak dijadikan target perusahaan rokok yang menjadikan kami, anak muda, sebagai sasaran produknya melalui berbagai iklan, promosi dan sponsor rokok baik langsung maupun tidak langsung 
Protes keras kepada PT Gudang Garam Tbk  sebagai produsen rokok GG Mild, dan menyerukan agar PT Gudang Garam Tbk menghentikan penayangan promosi film Galih dan Ratna di seluruh stasiun televisi, papan reklame, media sosial (youtube, instagram, facebook, twitter), dan media promosi lainnya.
Menolak keterlibatan Perusahaan rokok  dalam promosi dan sponsor  film nasional yang ditujukan untuk remaja, baik langsung ataupun tidak langsung.
 
Demikianlah surat terbuka ini kami sampaikan untuk menjadi perhatian.    
 
 Yogyakarta, 8 Maret 2017.                                            
 
Atas nama Pembaharu Muda.                                                                    
 
Renaldo Pratama
 

(Safari)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

free web stats