Di Publish Pada Tanggal : Rabu, 19 Juli 2017 11:50 WIB

Penyelesaian Pengaduan Badan Bantuan Hukum dan Advokasi (BBHA) Pusat PDI Perjuangan Terhadap Harian Terbit

Terkait dengan pemberitaan Harian Terbit edisi Kamis tanggal 27 April 2017 yang berjudul “Terbuka Peluang Megawati Jadi Tersangka BLBI”, kami atas nama DPP PDI Perjuangan melalui Badan Hukum dan Advokasi (BBHA) Pusat PDI Perjuangan menilai pemberitaan dengan judul tersebut tidak sesuai dengan fakta dan telah melanggar kode etik jurnaistik untuk itu kami telah menyampaikan pengaduan ke Dewan Pers terkait dengan pemberitaan tersebut.  

Atas pengaduan kami tersebut pada tanggal 14 Juni 2017 Dewan Pers melakukan klarifikasi kepada DPP PDI Perjuangan yang diwakili oleh Bapak Yanuar P. Wasesa dan Pemred Harian Terbit Ali Akbar Soleman untuk dilakukan mediasi. Hasil klarifikasi dari pertemuan tanggal 14 Juni 2017 di Dewan Pers tersebut menerbitkan Risalah Penyelesaian Pengaduan Badan Bantuan Hukum dan Advokasi (BBHA) Pusat PDI Perjuangan Terhadap Harian Terbit yang ditandatangani oleh  DPP PDI Perjuangan dan Harian Terbit serta Ketua Komisi Pengaduan Dewan Pers.

Berdasarkan hasil pemeriksaan dan klarifikasi tanggal 14 Juni 2017 tersebut, Dewan Pers menilai berita Harian Terbit melanggar Pasal 1 dan 3 Kode Etik Jurnalistik karena tidak diuji informasi, tidak berimbang dan memuat opini yang menghakimi. Karena adanya opini yang menghakimi dalam pemberitaan tersebut.

Pengadu dan Teradu menerima penilaian Dewan Pers tersebut dan menyepakati proses penyelesaian sebagai berikut:

1. Teradu wajib melayani Hak Jawab dari Pengadu secara proporsional selarnbatlambatnya 3 (tiga) hari kerja setelah Hak Jawab diterima. Sesuai dengan Pedoman Hak Jawab (Peraturan Dewan Pers Nomor 912008), karena adanya opini yang menghakimi, maka pemuatan Hak Jawab tersebut harus disertai permintaan maaf kepada Pengadu dan masyarakat.

2. Pengadu mengirim Hak Jawab kepada Teradu paling lambat 7 (tujuh) hari kerja sejak dilandatanganinya Risalah ini. 3. Kedua pihak sepakat mengakhiri kasus ini di Dewan Pers dan tidak membawa ke jalur hukurn, kecuali kesepakatan di atas tidak dilaksanakan.

Semoga untuk ke depannya terkait dengan pemberitaan-pemberitaan Harian Terbit selalu mempedomani Kode Etik Jurnalistik agar masyarakat memperoleh pemberitaan yang objektif, tidak menghakimi dan pemberitaan yang berimbang dan tidak memuat opini yang menghakimi.

Kami mohon agar Hak Jawab ini dimuat di Harian Terbit dengan disertai permintaan maaf kepada DPP PDI Perjuangan dan masyarakat luas.

Demikian hal ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Badan Bantuan Hukum dan Advokasi (BBHA) Pusat PDI Perjuangan

 

 

Yanuar P. Wasesa, S.H.,M.Si.,M.H                                      Martina, S.H.,M.H

 

Dengan pemuatan hasil penyelesaian pengaduan ini, kami Redaksi Harian Terbit meminta maaf kepada DPP PDI Perjuangan dan kepada pembaca.

 

(Redaksi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

free web stats