Di Publish Pada Tanggal : Senin, 08 Januari 2018 07:09 WIB

TAJUK: Asian Games Membutuhkan Dukungan Publik

Tak hanya tahun politik, pada 2018, Indonesia akan menjadi tuan rumah pesta olahraga Asian (Asian Games) ke-18, yang digelar pada Agustus-September 2018 mendatang. Indonesia menjadi tuan rumah setelah sekian puluh tahun lalu pernah menjadi tuan rumah, yakni 1962.

Kita layak berbangga terpilih menjadi tuan rumah. Seluruh rakyat  harus mendukung event olahraga empat tahunan ini supaya berlangsung lancar dan sukses, serta Indonesia mampu menorehkan prestasi. Apalagi, Asian Games bukan hanya milik para atlet yang ikut bertanding, melainkan juga milik rakyat.

Ajang olahraga yangmempertandingkan 41 cabang olahraga ini, diselenggarakan di Indonesia pada tanggal 18 Agustus 2018-2 September 2018. Pertandingan dilaksanakan di dua kota, Jakarta dan Palembang, serta beberapa tempat sebagai tuan rumah pendukung seperti Lampung, Jawa Barat, dan Banten.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengatakan bahwa renovasi semua venue  Asian Games 2018 telah mencapai lebih dari 90%.  Mobilitas kontingen sejak mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, sistem transportasi, serta akreditasi juga tak luput dari perhatian sang menteri.
 
Sementara Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menjelaskan semua fasilitas yang dibangun dan diperbaiki tidak ada kendala dan berjalan sesuai dengan tahapan. Misalnya pada cabang olahraga menembak dan lokasi venue dayung. Adapun venue boling dan light rapid transit (LRT), Alex menilai akan selesai pada Mei mendatang.

Selain itu perkampungan atlet yang memiliki daya tampung 1.000 peserta juga sudah hampir rampung.

Tak hanya soal meraih prestasi, momentum Asian Games juga akan mempromosikan pariwisata Indonesia, khususnya Jakarta, Palembang dan kota-kota lain yang menjadi tuan rumah pesta olahraga ini. Sumatera Selatan yang menjadi salah satu tuan rumah sudah menata sejumlah kawasan objek wisata sejarah dan budaya, wisata air Sungai Musi, kuliner dan pembinaan UMKM guna menghasilkan produk-produk kerajinan khas daerah yang berkualitas, khususnya produk cenderamata.

Asian Games  yang diikuti ribuan peserta atlet, ofisial, dan tamu-tamu asing lainnya dari 44 negara itu akan menjadi ajang promosi wisata bagi Sumatera Selatan guna membuka peluang meningkatkan kunjungan wisatawan asing.

Untuk keperluan itu, Kementerian Pariwisata membuka tiga titik pusat informasi wisata atau "tourism information center" (TIC) di Palembang, masing-masing satu titik di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, Benteng Kuto Besak, dan Jakabaring Sport City. Menteri Pariwisata juga telah mengarahkan bahwa Asian Games di Palembang-Jakarta pada 2018 harus dijadikan momen atau pintu gerbang promosi Pesona Indonesia.

Sukses Asian Games tentu akan mengharumkan nama Indonesia di mata dunia, utamanya di negara-negara Asia. Selain itu, harapan kita para atlet nasional untuk memberikan hasil terbaik.

Apalagi,  Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi telah menargetkan Indonesia masuk dalam peringkat 10 besar dalam Asian Games ke-18 tahun depan.

Selamat berjuang Atlet Merah Putih. Raihlah prestasi terbaik bagi bangsa besar ini. Kepada masyarakat kita mengajak untuk mendukung dan mensukseskan pesta olahraga Asia ini.

Yok kita dukung agara Asian Games 2018 berjalan sukses, sehingga mengharumkan Indonesia di mata dunia.   Mari kita dorong dan berikan semangat kepada para atlet bisa memberikan medali-medali emasnya untuk Ibu Pertiwi.

 

 

(***)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

free web stats