Di Publish Pada Tanggal : Senin, 16 April 2018 07:57 WIB

Serunya Pengabdian Masyarakat STIBA Nusa Mandiri di LKSA Ar Ridho Depok

Depok, HanTer - Keterampilan speaking adalah salah satu keterampilan wajib dari 4 skill dasar pembelajaran bahasa Inggris (listening, reading, speaking, writing). Keterampilan ini wajib dikuasai oleh setiap individu yang sedang mempelajari bahasa Inggris.
 
Hal ini dikarenakan, speaking/berbicara adalah indikator utama penguasaan sebuah bahasa. Jika seseorang mampu berbicara dengan baik pada sebuah bahasa maka dapat diindikasikan ia telah menguasai bahasa tersebut. 
 
Berangkat dari latar belakang tersebut, maka Program Studi Sastra Inggris STIBA Nusa Mandiri melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan judul “Pengajaran Attractive Speaking untuk Anak Asuh Panti Asuhan Arridho Depok” dengan target peserta anak asuh di LKSA Arridho, Sawangan, Depok.
 
Hujan deras yang mengguyur kota Depok sepanjang hari, tidak menyurutkan semangat panitia serta dosen-dosen pengajar yang akan memberikan materi mengenai Attractive Speaking kepada anak-anak panti asuhan Arridho. Sesuai agenda, rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat rencananya akan dimulai pada pukul 15:30 WIB selepas shalat Ashar berjamaah bersama para pengurus dan anak-anak panti asuhan.
 
Acara dipimpin oleh pembawa acara Sayid Khairunnas dan dimulai dengan pembacaan doa terlebih dahulu. Selanjutnya yaitu sambutan yang disampaikan oleh Ustadz Ali selaku perwakilan dari Arridho, kemudian dilanjutkan oleh sambutan dari Ibu Hj. Kartini Salman selaku ketua yayasan, dan yang terakhir sambutan dari perwakilan STIBA Nusa Mandiri yang disampaikan oleh Ary Iswanto.
 
Dalam sambutannya, Ibu Kartini menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada segenap keluarga besar Nusa Mandiri yang telah hadir untuk bersilaturahim sekaligus membagikan ilmu kepada anak-anak panti asuhan Arridho, beliau juga mengungkapkan semoga apa yang diberikan oleh bapak-ibu dosen dari STIBA Nusa Mandiri bermanfaat bagi anak-anak yang tinggal di panti tersebut, terakhir beliau juga berharap semoga ke depannya kegiatan serupa dapat rutin digelar sehingga kedua belah pihak mampu mendapatkan benefit dari kegiatan tersebut. 
 
Setelah rangkaian sambutan, tiba saatnya bagi STIBA Nusa Mandiri melakukan penyampaian materi. Selaku pemateri, adalah saudara Danang Dwi Harmoko, S.S., M.Pd. Terlihat anak-anak menyimak dengan cukup antusias materi yang diberikan. Terdapat kurang lebih 30 anak yang terdiri dari tingkat SMP dan SMA yang menjadi peserta pengabdian masyarakat kali ini.
 
Danang menyampaikan kalau kemampuan berbicara bahasa inggris merupakan indikator yang sangat penting dalam berbahasa inggris. Keterampilan berbicara/ speaking juga menjadi salah satu syarat utama perusahaan ketika membuka lowongan pekerjaan. Oleh karena itu, setiap generasi yang siap kerja harus dibekali dengan basic skills bahasa Inggris. Speaking salah satunya. 
 
Setelah penyampaian materi selama kurang lebih 45 menit, ada salah satu peserta yang bertanya kira-kira seberapa penting kemampuan berbicara bahasa inggris dalam dunia kerja nanti. Danang menjawab, kalau kemampuan berbicara bahasa inggris sangat penting sebagai alat komunikasi, terlebih lagi kalau perusahaan tempat kita bekerja termasuk multinational company yang menuntut kita berbicara bahasa inggris sehari-hari baik dalam berinteraksi dengan sesama karyawan maupun berkorespondensi dengan orang lain.
 
Danang juga memberikan contoh berdasarkan pengalaman yang ia miliki ketika mendapat panggilan interview di salah satu lembaga pendidikan yang ternyata dimiliki oleh seorang yang  berkebangsaan Amerika. Mau tidak mau, ia yang  melakukan interview dengan menggunakan bahasa inggris.
 
Pengalaman berharga tersebut yang membuat dirinya semakin yakin akan pentingnya kemampuan berbicara bahasa Inggris.
 
Lebih lanjut, beliau mengungkapkan kalau dalam dunia kerja, pintar saja tidak cukup. Ada banyak hal yang akan dihadapi kelak yang menuntut kita menguasai beberapa kemampuan-kemampuan yang tidak ada dalam mata pelajaran di sekolah seperti communication skills, problem solving, attitudes, dan sebagainya. Anak-anak panti asuhan terlihat sangat serius dalam menyimak apa yang disampaikan oleh pemateri.
 
Selesai sesi tanya jawab, Danang kemudian menutup sesi penyampaian materi. Meskipun singkat, semoga apa yang disampaikan bermanfaat dan dapat membuka khazanah pengetahuan anak-anak panti asuhan, serta diharapkan pula mereka mempunyai kemampuan berbicara bahasa inggris yang baik sehingga mampu bermanfaat bagi hidup mereka kelak.
 
Acara terakhir yaitu penutup, berupa pemberian souvenir dari STIBA Nusa Mandiri kepada LKSA Arridho. Pemberian bingkisan tersebut diwakili oleh Ary Iswanto dari pihak STIBA Nusa Mandiri.
Diakhiri dengan sesi berfoto bersama, maka berakhir lah rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat STIBA Nusa Mandiri kali ini. Semoga saling terjalin kekeluargaan antara STIBA Nusa Mandiri dengan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Arridho yang berkesinambungan ke depannya.
 
Oleh)
 
Setiaji M.Kom
 
Kepala Kampus Nusa Mandiri Warung Jati 
 

(***)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

free web stats